Mempengaruhi Pikiran Public

 Hai , kembali lagi bersama mimin...

Apa kabar semuanya?

BTW ... Kampus kalian sudah mulai persiapan UAS belum nih?

semangat ya!!!


Disini siapa yang punya cita-cita jadi Public Relation atau mungkin jadi Marketing?

Dua hal ini tentu berbeda namun ada persamaan yaitu sama sama harus bisa mempengaruhi pikiran public.

Kenapa begitu?

Karena seorang Public Relation ataupun Marketing tugasnya untuk bisa mempengaruhi pikiran public,

contoh, jika marketing saat pelanggan tidak begitu membutuhkan produk yang mereka jual nah marketing harus memikirkan bagaimana caranya agar pelanggan tersebut menjadi tertarik bahkan membutuhkan produk mereka dengan misal menginformasikan keunggulan-keunggulan produknya, atau juga menginformasikan mengapa pelanggan harus membeli produk mereka. Dari situ pelanggan yang menjadi "public" akan berubah pikiran dari yang tidak minat menjadi minat.

Begitupun seorang Public Relation , jika Public Relation lebih ke semua aspek tidak hanya produk.

Jadi seorang Public Relation harus mengubah pikiran public mengenai perusahaan tersebut , misal brand image nya dari perusahaan tersebut sehingga masyarakat percaya terhadap perusahaan tersebut.




Kali ini kita akan fokus di Public Relation atau kehumasan.

Apapun yang dilakukan praktisi kehumasan untuk memulihkan kepercayaan, membangun citra, atau

membangun kepercayaan pada dasarnya adalah upayanya untuk mempengaruhi pikiran publik

Dan perubahan pikiran publik adalah tujuan untuk mencapai tujuan akhir yang sangat diharapkan

yaitu Perubahan Perilaku.

Berikut 2 hal penting yang diperhatikan dalam mempengaruhi pikiran publik ialah Manajemen Komunikasi dan Tehnik Persuasi.

Management Komunikasi

Management yang artinya mengatur atau mengarahkan agar mencapai tujuan akhir yang diinginkan, sedangkan Komunikasi ialah suatu proses ketika seseorang atau lebih menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan atau orang lain, biasanya digunakan secara verbal atau lisan yang dapat di mengerti oleh kedua belah pihak.

Jadi Management Komunikasi adalah proses timbal balik pertukaran signal untuk memberi informasi, membujuk, memberi perintah, berdasarkan makna yang sama dan di kondisikan oleh konteks hubungan para komunikator, yang mana management komunikasi ini di ciptakan atau di aplikasikan agar bisa mencapai tujuan yang diinginkan.




Teknik Persuasi

Persuasi tindakan yang disengaja untuk mempengaruhi perilaku melalui komunikasi.

Dengan persuasi,kita sebagai praktisi kehumasan lebih berpeluang mencapai tujuan-tujuan yaitu

mengubah opini, mengubah persespsi, mengubah keadaan emosi (emotional state) dan mengubah perilaku fisik ( physical behavior).

Bettinghous dan Taylor (1974)

Efektifitas persuasi mempengaruhi pikiran dan tidakan bergantung ada 5 faktor yaitu :

1. Keadaan penerima persuasi (sikap, kepercayaan dan perilaku)

2. Kredibilitas sumber

3. Situasi saat persuasi dilakukan

4. Sumber- sumber informasi tambahan sebelum dan sesudah persuasi dilakukan

5. Konstruksi pesan (message construction) yang disampaikan.


Jadi apapun upaya serorang kehumasan lakukan untuk memulihkan, membangun kepercayaan, citra itu semua dilakukan upaya untuk mempengaruhi pemikiran public. 

  

Sepertinya ini blog terakhir mimin di semester 3 kali ini, terimakasih semua yang sudah setia membaca blog mimin, semoga bermanfaat dan bisa kita gunakan dikehidupan kita ❤

Sindi Sagita^

Universitas Mpu Tantular

Dosen Pembimbing : Serepina Tiur Maida,S.Sos., M.Pd.,M.I.Kom


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGGALI POTENSI

INISIATIF SANGAT DIPERLUKAN?

HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DAN INOVASI