MIND MAPPING

Apa kabar sahabat mimin?

 

Kembali lagi di blog mimin yang gaakan pernah bikin kalian bosen bacanya.

Akhir-akhir ini mimin sibuk banget sama tugas kuliah juga kerjaan yang numpuk, tapi kita harus tetap jaga kesehatan dan semangat ya.

Kali ini mimin bakal bahas tentang MIND MAPPING, kalian pernah denger ga?




Jadi MIND MAPPING atau Pemetaan Pikiran adalah suatu metode untuk memaksimalkan potensi pikiran manusia dengan menggunakan otak kanan dan otak kirinya secara simultan.  Metode ini diperkenalkan oleh Tony Buzan pada tahun 1974, seorang ahli pengembangan potensi manusia dari inggris.  (Sumber Wikipedia)

Atau simple nya Mind Mapping ialah cara mengembangkan kegiatan berfikir ke segala arah, menangkap berbagai pikiran dalam berbagai sudut.

Di dalam Mind Mapping Terdapat beberapa hal yaitu Creator, Conceptor, Mediator, dan Problem Solver.

Yu kita bahas satu persatu :

    1. Creator

Apa itu Creator?

Creator adalah seseorang yang memberi ide atau pencipta

Kalian pasti sering banget denger kata content creator , nah itu juga sama seseorang yang membuat ide di konten nya .

Semakin kesini semakin banyak orang yang kreatif apalagi saat pandemic seperti ini orang-orang menggunakan otaknya berfikir dan menciptakan sesuatu hal atau ide yang cepat sekali menjadi trend.

Kita sebagai anak milenial harus jadi anak muda yang kreatif ya,

    2. Conceptor

Nah lalu apa Conceptor dan apa berbedaan conceptor dengan creator?

Conceptor ialah pembuat konsep, jadi misal seorang creator memiliki ide lalu si conceptor akan membuatkan konsep dari ide tersebut

    3. Mediator

Nah ada juga mediator, berbeda dengan conceptor maupun creator . Jika mediator adalah seseorang yang bertugas sebagai penghubung.

Contoh , saat ada pelajaran matematika guru meminta kita mengumpulkan tugas da dikumpulkan melalui ketua kelas, nah si ketua kelas ini adalah penghubung antara guru dan juga murid dikelas

        4.  Problem Solver

Yang terakhir ada Problem Solver, biasanya sering kita dengar kata ini di dunia kerja. Jika terjadi sesuatu maka atasan kita akan bertanya  seperti apa problem solving nya? Tapi di semua kegiatan juga kata ini sering dipakai.

Memangnya apa Problem Solver?

Problem Solver ialah pemecah masalah , dengan arti yang luas yaitu memiliki arti suatu pendekatan dimana langkah-langkah berikutnya sampai penyelesain akhir lebih bersifat kuantitatif yang umum sedangkan langkah-langkah berikutnya sampai dengan penyelesaian akhir lebih bersifat kuantitatif dan spesifik.

Nah simple nya kalau kalian memiliki masalah misal di kelas kalian, lalu dari salah satu kalian memiliki jalan keluar dari masalah tersebut dan menjabarkan dari setiap permasalahan dan solusi tersebut maka seseorang tersebut seorang Problem Solver.

Referensi : Matakuliah Kreativitas
Wikipedia

Sindi Sagita^

Universitas Mpu Tantular

Dosen Pembimbing : Serepina Tiur Maida,S.Sos., M.Pd.,M.I.Kom

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGGALI POTENSI

INISIATIF SANGAT DIPERLUKAN?

HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DAN INOVASI