Mengenal Proses Kreativitas

Hai teman-teman , kenalin mungkin kalian baru pertama kali baca blog ini ☺

mimin bakal rutin upload blog tentang KREATIVITAS. Ikutin terus ya….!!!


Nah, Apa sih Kreatifitas itu? Jika dalam KBBI, Kreativitas ialah  kemampuan untuk mencipta.

Atau gampangnya ialah ketika kita membuat sesuatu hal atau gagasan yang baru. 


Dan mengapa kita harus membuat Kreativitas ? Karena kreativitas adalah salah satu kunci penting untuk kita bisa mencapai kesuksesan dalam kehidupan kita. Seseorang yang kreatif biasanya lebih fleksibel dan bisa memiliki pemecahan masalah yang lebih baik dan unik, sehingga mampu bertahan dan beradaptasi dengan kemajuan zaman yang pastinya akan terus berubah.

Seperti kata pepatah Mario Teguh “Anak Muda yang hanya sibuk mengejar cinta, tidak akan se-sukses anak muda yang mengejar ilmu dan membangun karir” Nah temen-temen makanya mulai sekarang kita bangun kreatifitas diri kita agar bisa membantu masa depan kita juga negara yang lebih baik.

Lalu Bagaimana agar Kreativitas itu terjadi?


Agar Kreativitas itu muncul maka kita harus melakukan proses yakni proses kreativitas , ada 3 hal proses kreativitas yaitu INPUT-PROSES-OUTPUT .

Input ialah apa yang ada dalam otak kita atau pikiran kita , contoh kamu berfikir saat pandemic seperti ini bagaimana kalau saya memulai usaha karena sepertinya saya menyukai hal itu dan bisa membantu ekonomi disaat pandemic seperti ini

Setelah input kalian jangan hanya menunda, itu akan membuat kreativitas kalian berenti ditengah jalan atau stak tidak menjadi apa-apa hanya menjadi angan-angan saja.

Proses , Aksi atau tindakan dari apa yang kalian pikirkan lalu kalian kembangkan agar berjalan. Mulai lah membuat konsep usaha apa yang akan kalian lakukan, buat rancangannya seperti apa , sampai benar-benar berjalan usaha anda.Setidaknya walaupun baru memulai yang penting kalian mulai dahulu karena orang-orang kreatif akan lebih percaya diri dan tidak takut akan gagal, setidaknya kamu sudah menyiapkan apa kemungkinan buruknya dan bagaimana menangani nya. Karena lebih baik memulainya daripada menundanya.

Output, Setelah kalian menjalanan apa yang kalian pikirkan kalian akan mendapatkan hasilnya.

Usaha kalian ternyata setelah berjalan dengan kalian tekuni akhirnya sudah mulai mendapatkan provit, dan itu menjadi output kalian karena kalian sudah melakukan proses kreatifitas yang dimana kalian menjalankan prosesnya tidak hanya menjadi angan angan saja. Yakinlah jika kita tidak pernah memulai nya kita tidak akan tau seberapa kemampuan kita ☺

Apalagi saat pandemi seperti ini semakin banyak pengangguran yang ada di Indonesia, hal ini semakin memaksa kita untuk terus berinovasi dan membuat sesuatu hal yang kreatif agar kita bisa terus bertahan hidup dijaman ini.

Blog ini mimin kembangkan dari referensi mata kuliah Kreativitas Sesi Pertama dari Ibu Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom Yaitu tentang Proses Kreativitas. Karena selama pandemic ini kuliah menjadi online maka kita hanya bisa ber diskusi via online seperti e-learning atau video conferens, banyak kendala tentunya yang dilewati. Misal terhambatnya kuota, tapi untungnya saat ini ada bantuan dari pemerintah, tapi jangan senang dulu walaupun tetap harus bersyukur, macam mimin ini walaupun mendapat bantuan kuota tapi karena signal di lokasi mimin sangat buruk sehingga setiap pembelajaran mimin sering terkendala mendengar dosen menjelaskan. Belum lagi kalau kita telat gabung saat pelajaran dimulai , kita jadi bingung apa yang dimaksud dari pelarajan yang diberikan. Walaupun setelah berakhir selalu ada sesi pertanyaan tapi rasanya lebih paham saat dijelaskan secara langsung, entahlah itu menurut mimin. Kalau kalian gimana selama kuliah daring atau sekolah daring? 

Untungnya dosen mimin yang satu ini aktif jadi mimin bisa bebas bertanya, kan biasanya ada aja dosen yang hanya kasih materi aja, nah itu mimin bingung takutnya kalau belajar sendiri beda pemahaman takutnya malah salah pengertian. Tapi gasemua dosen begitu yaa ,,,

Tetap jaga kesehatan ya semuanya patuhi protocol kesehatan dan tetap semangat belajarnya , terus kembangkan kreativitas kalian, masa depan yang baik menanti kalian  ❤ lupp.




Sindi Sagita^

Universitas Mpu Tantular
Dosen Pembimbing : Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd.,M.I.Kom

Komentar

  1. Terima kasih sudah berbagi .. Teruslah menulis karena akan abadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca blog ini bu 🙏☺️

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGGALI POTENSI

INISIATIF SANGAT DIPERLUKAN?

HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DAN INOVASI