Apa itu SPONSORSHIP Dan Term Of Reference (TOR)
Hai, Apa kabar temen-temen?
Ketemu lagi sama mimin, gimana minggu kalian semakin produktif kah?
Nah kemarin kita udah kenal sama kreativitas , hari ini mimin bakal sharing tentang SPONSORSHIP dan juga Term Of Reference (TOR) atau Kerangka Acuan Kerja (KAK).
Apa kalian pernah denger kata Sponsorship dan juga TOR ?
Pengertian Sponsorship menurut Roy dan Cornwell (2003), sponsorship didefinisikan sebagai pemberian tunai dan atau pembayaran barter (in-kind) akan kepemilikan (seperti olahraga,hiburan, non-profit event / organisasi) dengan balasan berupa akses pemanfaatan potensial iklan yang berhubungan dengan benda kepemilikan perusahaan / produk .
Adapun menurut Meryl P Gardner Philip Suman (1988), sponsorship di definisikan sebagai investasi karena bisa mensupport tujuan perusahaan (dengan menaikan image perusahaan ) atau tujuan pemasaran (menambah brand awaraness).
Lebih simpelnya sponsorship sebagai pensupport dalam sebuah acara dan dari pihak sponsor juga pengada acara saling mendapat benefit tersendiri dari kerjasama tersebut.
Mengapa harus menggunakan Sponsorship ?
Karena manfaat dari sponsorship ini akan membantu membangun hubungan dengan konsumen agar menambah brand equity, juga memperkuat ikatan dalam pertukaran.
3 manfaat sponsorship juga antara lain :
- Raise Brand Awareness
- Emotional Connection
- Media Exposure
Lalu bagaimana langkah langkah Sponsorship ?
1. Pikirkan Konsep acara dengan matang
Kegiatan apa yang akan kalian lakukan, dan bagaimana konsepnya harus dibuat secara matang.
2. Pikirkan berbagai sponsor yang potensial dan cocok dengan acara
Cari sponsor yang memberikan potensial besar bagi acara kegiatan, tentunya yang bsia saling menguntungkan.
3. Buatlah surat Penawaran yang baik
Surat Penawaran juga bisa menentukan tertarik atau tidaknya sponsor maka dari itu kita harus membuat nya dengan sangat baik dan rapih.
4. Lanjutkan dengan Proposal yang apik
Prosopal harus jelas tujuannya sama dengan kegiatan kita dan juga informasi penting ada didalamnya.
5. Lakukan Followup
Jangan lupa setelah kita memberi penawaran kepada sponsor laukan followup agar sponsor mempertimbangkan untuk mensponsori acara kita.
6. Presentasikan Proposal
Jangan lupa kita wajib mempresentasikan proposal kepada sponsor agar sponsor tau gambaran untuk bekerja sama dengan kita.
7. Kuasai Kemampuan negosiasi
Agar kita bisa mendapatkan sponsor kita harus menguasai kemampuan negosiasi, bila perlu kita harus lebih aktif daripada sponsor.
Adapun jenis-jenis Sponsorship sebagai berikut :- Sponsor tunggal
- Sponsor Utama
- Sponsor Alternatif
- Sponsor in-kind
- Media Sponsor
Contohnya TOR dibuat untuk menjawab beberapa pertanyaan seperti :
- What?
- Why?
- Who?
- When?
- Where?
- How Much?
Apa Manfaat TOR ?
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan sebuah kegiatan
- Sebagai alat pengendalian atas kegiatan yang akan dilakukan
- Sebagai acuan dalam pengalokasian anggaran
- Sebagai dasar penilaian kinerja pelaksana kegiatan
Setelah kita mempelajari apa itu dan manfaat dari TOR juga sponsorship semoga kegiatan kalian bisa berjalan dengan lancar.
Komentar
Posting Komentar