SOFT SKILL APA YANG KAMU MILIKI

Apa kabar sahabat mimin?

semoga sehat selalu ya, jaga kesehatan terus.

sebelum mulai ke pembahasan baru kita kali ini, mimin mau review lagi nih kalian masih inget kan apa itu sponsorship dan TOR ?

kalau lupa , yuk baca lagi postingan sebelum ini. kalau inget , keren !!! yu lanjutkan baca.

Kalian suka sadar ga kalo kalian punya sesuatu hal atau bakat dalam diri kalian?

contoh kita selama berkumpul dengan teman tidak kita sadari kita yang selalu memimpin akan sesuatu hal yang kalian dan teman-teman kalian lakukan, ini berati kalian punya dasar kepemimpinan

lalu saat kita punya tugas kita akan berusaha sendiri dan mencari solusi untuk tugas tersebut dengan memaksimalkan kemampuan kita, ini berarti kalian punya dasar kemandirian.

contoh-contoh tersebut disebut softskill . Nah udah sedikit paham kan apa itu softskill? sekarang aku jabarin ya.

Definisi Softskill menurut para ahli sangat beragam,




Menurut Berthal (dalam Muqowim, 2012: 5), soft skills diartikan sebagai perilaku personal dan interpersonal yang mengembangkan dan memaksimalkan kinerja manusia.

Elfindri, dkk (2011: 10) mendefinisikan soft skills sebagai keterampilan hidup yang sangat menentukan keberhasilan seseorang, yang wujudnya antara lain berupa kerja keras, eksekutor, jujur, visioner, dan disiplin. Lebih lanjut Elfindri menjelaskan bahwa soft skills merupakan keterampilan dan kecakapan hidup yang harus dimiliki baik untuk sendiri, berkelompok, atau bermasyarakat, serta berhubungan dengan Sang Pencipta. Soft skills sangat diperlukan untuk kecakapan hidup seseorang.

Giblin dan Sailah (dalam Sucipta: 2009: 1) juga menekankan bahwa soft skills merupakan kunci menuju hidup yang lebih baik, sahabat lebih banyak, sukses lebih besar, dan kebahagiaan yang lebih luas.

Kaipa dan Milus (2005: 3-6) menyatakan hal yang sama bahwa soft skills adalah kunci untuk meraih kesuksesan, termasuk di dalamnya kepemimpinan, pengambilan keputusan, penyelesaian konflik, komunikasi, kreativitas, kemampuan presentasi, kerendahan hati dan kepercayaan diri, kecerdasan emosional, integritas, komitmen, dan kerjasama.

setelah kita jabarkan definisi soft skill, sangat terlihat jelas bahwa softskill sangat berperan penting bagi setiap orang. Yang dimana softskill ini sangan mendukung semua aspek kehidupan kita.

Nah sekarang mari kita liat , apa saja softskill yang kamu miliki?




Jadi Softskill terdiri dari :

1. Kemandirian

dilansir dari www.kompas.com Kemandirian adalah kesiapan dan kemampuan individu untuk berdiri sendiri yang ditandai dengan mengambil inisiatif. Selain itu mencoba mengatasi masalah tanpa meminta bantuan orang lain, berusaha dan mengarahkan tingkah laku menuju kesempurnaan.

2. Team Work

menurut wikipedia Team Work atau kerja tim adalah upaya kolaboratif kelompok untuk mencapai tujuan bersama atau menyelesaikan tugas dengan cara yang paling efektif dan efisien. Konsep ini terlihat dalam kerangka tim yang lebih besar, yang merupakan sekelompok individu yang saling bergantung yang bekerja bersama menuju tujuan bersama

3. Kepemimpinan

Pengertian kepemimpinan adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang lain agar diarahkan untuk mewujudkan tujuan organisasi.” “kepemimpinan merupakan perilaku seseorang individu dalam memimpin kegiatan dalam sebuah organisasi atau kelompok dalam mencapai tujuan bersama (shared goal) . (Sumber www.cekkembali.com)

4. Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri merupakan perpaduan antara keyakinan dan kemampuan dalam menghargai diri sendiri. Kepercayaan diri termasuk dalam ranah psikologi karena berkaitan dengan proses mental yang berpengaruh pada perilaku. Orang yang memiliki rasa percaya diri umumnya menyukai diri sendiri dan senantiasa berpikir positif. (Sumber ; simulasikredit.com)

5. Interpersonal

Menurut wikipedia Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya tidak diatur secara formal. Dalam komunikasi interpersonal, setiap partisipan menggunakan semua elemen dari proses komunikasi. 

6. Kemampuan Menjual Gagasan

Memiliki ide yan selalu bisa kreatif

7. Kejujuran

Menurut wikipedia Jujur atau kejujuran mengacu pada aspek karaktermoral dan berkonotasi atribut positif dan berbudi luhur seperti integritaskejujuran, dan keterusterangan, termasuk keterusterangan pada perilaku, dan beriringan dengan tidak adanya kebohongan, penipuan, perselingkuhan, dll Selain itu, kejujuran berarti dapat dipercaya, setiaadil, dan tulus.

8. Berpikir Taktis

Berfikir taktis ialah berfikir praktis dan tanggap terhadap masalah yang ada di depan mata dan butuh keterampilan serta ketangkasan dan bersifat spontan

9. Berfikir Strategis

berfikir strategis adalah berfikir secara menyeluruh dari awal hingga akhir. Proses ini biasanya memakan waktu yang cukup lama karena harus memikirkan peluang2 dan resiko2 yang mungkin terjadi.

 

Nah dari ke 9 soft skill yang disebutkan mana yang cocok dengan diri kalian?

Kembangkan terus soft skill kalian karena 85% Soft skill yang akan menentukan keberhasilan karier, dan kehidupan dunia.

Terimakasih sudah baca blog ini, ikuti terus blog mimin setiap hari senin. Bye....

 

 

 

Referensi :

- Mata kuliah Kreativitas sesi ke 3 Peran Kreativitas dalam membentuk soft skill

- Wikipedia

- www.kompas.com

simulasikredit.com

- www.cekkembali.com

 

 

Sindi Sagita^

Universitas Mpu Tantular

Dosen Pembimbing : Serepina Tiur Maida,S.Sos., M.Pd.,M.I.Kom


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGGALI POTENSI

INISIATIF SANGAT DIPERLUKAN?

HUBUNGAN ANTARA KREATIFITAS DAN INOVASI